4 Tips Mendaki Gunung Agung Bali Yang Harus Dilakukan

Sebelum anda mendaki gunung Agung Bali, ada empat tips yang harus anda lakukakan untuk keselamatan anda selama pendakian. Empat tips tersebut antara lain:

1. Hindari membawa makanan dan minuman yang terbuat dari daging sapi.

Sapi atau Lembu bagi umat Hindu di Bali sangat disakralkan dan dipercaya memberikan kesejahtraan bagi setiap makhluk hidup, oleh karena itu bagi umat hindu sangat pantang untuk mengkonsumsi daging sapi. Pada saat anda mendaki gunung Agung, janganlah membawa makanan berupa daging sapi, dengan tujuan sebagai bentuk penghormatan anda kepada masyarakat sekitar gunung Agung.

2. Cuaca

Perhatikanlah cuaca, karena ini adalah faktor penting dalam pendakian gunung Agung. Jika terjadi hujan, kami sarankan anda untuk membatalkan kegiatan mendaki, karena pada saat hujan terjadi, cuaca menjadi tidak menentu dan jalanan licin serta suhu udara akan sangat dingin yang dapat mencapai 10 derajat celcius. Maka sebelum mendaki lengkapilah diri anda dengan jaket, sarung tangan agar dapat mengurangi suhu dingin, bawalah jas hujan agar pada saat terjadi hujan dalam pendakian gunung Agung anda tidak basah.

3. Cukupilah Perbekalan

Yang saya maksudkan dengan perbekalan adalah makanan dan air minum, Untuk mencapai puncak gunung Agung diperlukan waktu 7-10 jam jadi jika anda naik dan turun maka total waktu yang anda butuhkan adalah 15-20 jam, jadi perbekalan makan dan air minum sangatlah penting. Di gunung Agung sangat sedikit terdapat mata air dan beberapa dari sumber mata air tidak boleh di ambil airnya karena di sakralkan oleh masyarkat setempat.

4. Hidari Pendakian Pada Saat Ada Upacara Keagamaan.

Jaganlah anda mendaki gunung Agung jika ada upacara keagamaan. Di daerah gunung Agung terdapat 2 pura besar yaitu pura Besakih dan pura Pasar Agung, jika terdapat proses upacara keagamaan di kedua pura tersebut, batalkan niat anda untuk mendaki. Ini sebagai bentuk penghormatan dan tolerensi anda kepada pemeluk agama Hindu yang sedang melakukan kegiatan keagamaan. Jika anda tidak mau batal mendaki setelah sampai di gunung Agung, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu, tentang jadwal upacara di pura Besakih dan pura Pasar Agung.

Sumber dari: www.travel.detik.com Jika anda ingin mencoba untuk melakukan pendakian di Gunung Agung alangkah baiknya anda mengunakan jasa perusahan Bali trekking tour, karena anda akan disertai dengan pemandu yang berpengalaman tentang pendakian di Gunung Agung. Di Bali banyak terdapat perusahaan yang menyediakan jasa Bali sunrise trekking and tours dan salah satunya adalah Alam Amazing Advetures. Kami menyediakan paket trekking Gunung Agung bagi anda yang ingin menikmati Bali trekking adventure.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *