Aktivitas Wisata Alam Di Bali Favorit Wisatawan

Ada tiga tipe wisatawan yang menyukai aktivitas wisata alam di Bali / ekowisata, ke tiga tipe wisatawan tersebut antara lain:

  1. Wisatawan yang memiliki pendidikan tinggi.
  2. Rentang usia 25 – 55 tahun.
  3. Wisatawan yang lebih menyukai aktivitas luar ruangan.

Beberapa cara yang disukai wisatawan saat ingin menikmati keindahan alam di pulau Bali seperti:

  • Berjalan kaki menelusuri daerah pedesaan yang memiliki daerah persawahan, jalan – jalan di daerah perbukitan dan tatanan alam yang masih alami.
  • Mengunakan sepeda juga pilihan dari para wisatawan dalam menikmati keindahan daerah persawahan dan perbukitan.
  • Wisatawan juga menyukai melihat pemandangan alam yang masih alami dengan cara mengikuti aktivitas arung jeram.
  • Mengikuti aktivitas wisata bahari seperti marine walk Tanjung Benoa.

1. Trekking

Trekking adalah aktivitas berjalan kaki, dengan menelusuri area yang masih alami. Area yang biasanya di gunakan sebagai lokasi trekking seperti:

  • Daerah perbukitan contoh bukit Campuhan Ubud.
  • Daerah persawahan, contoh kawasan Jatiluwih Tabanan.
  • Daerah yang menawarkan lokasi air terjun dan hutam alami, sebagai contoh daerah Sambangan Buleleng.

2. Wisata Sepeda

Saat ini aktivitas wisata alam dengan mengunakan sepeda mendapat permintaan yang tinggi dari para wisatawan, terutama dari wisatawan mancanegara. Oleh karena itu, saat ini di pulau Bali banyak penyedia fasilitas wisata alam yang menyediakan paket wisata bersepeda, atau lebih dikenal dengan sebutan Bali bike tours.

3. Aktivitas Rafting Di Sungai

Selain dengan mengunakan sepeda, wisatawan juga menyukai aktivitas wisata alam dengan menggunakan perahu karet untuk menelusuri sungai. Aktivitas menelusuri sungai dengan perahu karet, di pulau Bali lebih dikenal dengan sebutan Bali rafting adventure.

Jika anda sudah pernah mencoba aktivitas rafting di Bali, maka anda pasti akan melihat perbandingan jumlah wisatawan mancanegara dengan wisatawan domestik sangat signifikan. Aktivitas Bali rafting adventure sangat didominasi oleh wisatawan mancanegara, terutama wisatawan dari Australia, Singapura, India dan Tingkok.

Terdapat tiga sungai di pulau Bali yang cocok untuk aktivitas arung jeram, ketiga sungai tersebut antara lain:

  • Sungai Ayung Ubud, sungai ini lebih cocok untuk anda yang ingin santai dalam aktivitas arung jeram di Bali. Sungai Ayung di Ubud juga sangat cocok untuk anda yang pertama kali mencoba aktivitas arung jeram.
  • Sungai Melangit Klungkung cocok untuk anda yang ingin rafting sebentar, tidak lebih dari 1.5 jam.
  • Sungai Telaga Waja Karangasem. Sungai ini sangat cocok bagi yang menyukai aktivitas rafting seru, banyak tantangan dan trek rafting panjang. Rata – rata durasi waktu yang diperlukan untuk  mengarungi sungai Telaga Waja sekitar 2 jam.

4. Wisata Bahari / Marine Water Sports

Selain aktivitas arung jeram, wisatawan saat liburan di Bali juga menyukai aktivitas rekreasi wisata bahari. Untuk pusat dari semua aktivitas wisata bahari di pulau Bali ada di pantai Tanjung Benoa. Oleh karena itu, aktivitas wisata bahari di Bali lebih terkenal dengan sebutan watersport Tanjung Benoa.

Ada tiga jenis aktivitas Tanjung Benoa water sports yang menjadi favorit wisatawan, seperti:

  • Parasailing Adventure Bali.
  • Marine Walk Tanjung Benoa.
  • Mengendarai Jet Ski di tengah laut.

Wisata Budaya

Jika dilihat dari faktor budaya, wisatawan mancanegara dalam memilih paket tour di Bali akan memprioritaskan paket tour yang lebih banyak mengunjungi daerah wisata yang kental akan ciri khas budaya Bali, seperti:

  • Mengunjugi pura besar di Bali seperi Pura Luhur Uluwatu.
  • Menonton tari-tarian Bali salah satunya adalah tari kecak Uluwatu.
  • Mengunjungi tempat bersejarah di Bali seperti Pura Tirta Empul Tampak Siring.

Aktivitas wisata alam dan budaya adalah kegiatan yang sangat menyenangkan bagi para wisman. Karena dengan mengikuti aktivitas wisata alam dan budaya akan membuat mereka jauh dari kehidupan perkotaan dan kehidupan modern yang biasa mereka alami di tempat mereka tinggal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *